Cara Menulis Proposal Skripsi Hubungan Internasional

Temen-temen ada yg ngerasa kesulitan gg bwt ngerjain tugas kuliah yg satu ini “Proposal Skripsi”???

Nah, Mimin baru ajja lulus nie untuk ujian mata kuliah Metodologi Hubungan Internasional, pengen dibagi2in nih ilmu yg dikit ini, mudah-mudahan bermanfaat yaaa.. .

Kalo di kampuznya Mimin untuk lulus mata kuliah MHI targetnya bisa ngebuat proposal skripsi. Menurut pengalaman satu semester ini, memahami pola teori itu hal yang paling utama. Mimin saranin buat kamyu-kamyu yang ngambil jurusan Hubungan Internasional punya satu pendekatan, paradigma, teori yang paling kamu suka (penting banged lhoo!) nah, klo udah punya yg difavoritin insya Allah seyakin yakinnya pasti gampang banged nulisnya, bahkan bisa jadi langsung skripsian.

Untuk susunannya, itu terserah kebijakan kampuz masing2. But, di kampuz Mimin susunan proposalnya itu: (sekalian Mimin jelasin yaa..)

1. Latar Belakang, di sini kalian disuruh untuk nulis sebener-benernya apa yang memotivasi kalian untuk nulis judulnya. Tapi harus diinget kalian harus udah tahu pola berjalannya teori yang kalian pake.  Di awal paragraf harus bisa nunjukin arah pandang kaliaan terhadap kasus yang dibahas. Misalnya kalian pake pendekatan realis, maka dari awal nulis udah nunjukin kerealisan kalian terhadap variabel independen ataupun variabel dependennya. Kata dosen Mimin konsistensi tulisan itu harus terlihat dari penulisan tiap paragraf di Latar Belakang. Kalo udah ngomongin realis ya jangan ngomongin hubungan kerjasama yang baik2, itu bakal ngejatohin tulisan temen2 dari awal.

karena ini karya ilmiah, jadi usahain tiap paragraf ada kalimat utama dan kalimat penjelas. Baru sadar juga Mimin pas nulis ternyata pelajaran bahasa Indonesia waktu SD itu penting bgt. so, saran Mimin penting bgt buat bikin kerangka karangan yg kyk anak SD itu. Catet !!!

Di latar belakang ini,  jangan terlalu masukin banyak data. klo kalian masukin data sejarah dll trus ntar di pembahasannya mw nulis appa??? Latar belakang ini bener2 generalisasinya. Info yang ditulis itu hanya sebatas kenapa kasus yang diangkat itu menjadi menarik untuk di teliti. Waktu nulis proposal ini Mimin cm nulis 2 lembar ajja. Awalnya sih 4 lembar tapi setelah dpt pncerahan di edit sana sini dapet segitu dah.

2. Rumusan Masalah, untuk yang satu ini tergantung bentuk tulisan kalian. Di kampuz Mimin kita diwajibkan menulis dengan bentuk eksplanatif. Untuk jenis tulisan ini rumusan masalahnya ialah dengan kata tanya “mengapa”. Seberapa penting sih rumusan masalah ini?? penting banged guys, karena dosen akan ngeliat hubungan rumusan masalah dengan teori yang nanti menghasilkan hipotesa. So, saran Mimin kalian harus mateng-mateng mikirin rumusan masalah ini. Kemaren Mimin cm buat satu pertanyaan ajja.
Untuk referensi pemahaman tentang ini dan bentuk-bentuk tulisan anjuran dalam jurusan Hubungan Internasional Mimin anjurin untuk baca bukunya Pak Moekhtar Mas’oed yang pengantar ilmu Hubungan Internasional. Bacanya jgn cm sekali yaaa harus berulang-ulang. Catet !!!

3. Tujuan Penelitian, ini sih ya cm memuat tujuan penelitian kalian ini untuk siapa. Gitu ajja, Mimin cm nulis satu paragraf ajja. Teruntuk para pestudi HI doank. hehehe…

4. Kajian Pustaka, di sini proposal Mimin terdiri dari 2 sub, yakni :

a. Penelitian Terdahulu, kalo di jurusan Mimin penelitian terdahulu ini minimal 2 artikel yang udah go public. Yaaaa… semacam pdf2 gitu, skripsi orang lain nda dihitung. Cara mencari penelitian terdahulu ini gampang banget kok. Nih, Mimin kasih tau caranya… pertama2 karena kalian jurusan HI otomatis permasalahan yang diangkat kn harus mengandung unsur 2 negara. So, kalian tinggal cari pembahasan negara yg sama. Kalo nda nemu cari dari tulisan2 itu yang pake pola teori dan konsep yang sama. Kalo nda nemu juga cari kasus nya yang sama. Kalo nda nemu juga cari yang variabel dependen / independennya yg sama. Kalo nda nemu juga, jangan2 kalian lagi mempersulit diri sendiri, kayak lagi nyari pacar yang sempurna, ya siap2 jomblo seumur hidup dech… hahaha

b. Teori dan konsep, waaaahhhh… ini bagian yg paling seru dalam HI, ya ngga??? ahahaha… Mimin ngerasain bgt. Letak pinter apa nda nya anak HI terlihat dari penguasaan teori yang bejibun banyaknya… meskipun cm ada 3 pendekatan utama, tapiiiii,,, anak pinaknyaaaa (ampun dah)…

So, seperti nasihat Mimin tadi, lebih baik kalian ngebahas teori yang kalian kuasai dengan baik ajja. Inget teori ini harus ada hubungan dengan rumusan masalah yang abang-noni udah buat. kalo gg sinkron gagal dech. Emank sih satu kasus bisa dijelasin pake banyak teori, yaaa tinggal milih teori apa ajja, tapi harus tetep diinget nyambung gg itu dibahas. Ojo mekso.

contoh tulisan Mimin itu, (eh.. Mimin kasih topicnya ajja yaa). Topic Mimin itu tentang kelonggaran visa antara India dan Pakistan tahun 2004. Dari topic ini bs banyak bermunculan teori lho untuk ngejelasinnya. Mimin pake teori resolusi konflik punya Burton. kalian bisa ngambil ini trus ngejelasin pake model FPA.  Be the best yaa… .

5. Metode Penelitian, ini juga terdiri dari beberapa sub, yaitu:

a. Metodologi Hubungan Internasional, ini isinya penting juga. Di dalamnya berisi unit analisa/dependen and unit eksplanasi/independen. Dalam suatu penelitian penting bgt adanya dua variabel ini. Mau tau alasannya??? mudah bgt, 2 variabel ini untuk memudahkan arah penulisan kita biar gag melebar atau menyempit. Unit analisa itu adalah garis besar yang akan kita jelaskan. Kalo unit eksplanasi itu alat penjelasnya, alat yang digunakan untuk menjelaskan garis besarnya.

Nih, Mimin kasih contoh dari tulisan Mimin yaa… kn td ngebahas kelonggaran visa tuh… yg jadi UAnya upaya perdamaian , UEnya pengaruh kelonggaran visa itu terhadap upaya perdamaian. enak thooo…??? jd mudah ngembangin tulisannya.

b.Jenis Penelitian, karena di dalam rumusan masalah menggunakan “mengapa?” maka secara otomatis jenis penelitiannya eksplanatif. Monggo di baca lagi buku Moekhtar Mas’oed nya…

c. Metode pengumpulan data, kalo yang ini sesuai kemampuan ajja sih, mw ngumpulin data lewat study pustaka atau cm wawancara ajja. Tapiiii mnurut Mimin cara paling mudah ya lewat study pustaka, lewat baca baca and baca….

d. teknis analisis data, mmm… yang ini ditulisan Mimin pake analisis data yg kualitatif. Soalnya Mimin merinci, karena Mimin berusaha melihatkan pengaruh nya visa itu dalam upaya perdamaian.

e. Ruang lingkup penelitian, ini isinya bisa cm basa basinya kalian ajja. kn intinya udah ada di 2 variabel utama tadi yang menetukan batasan dari tulisan kita.

6. Hipotesa, waaahhhh… seneng beud rasanya kalo udah nyampe bagian terakhir ini… plonkkkk bgt dah. Dalam Hipotesis ini cara kalian nulisnya ialah liat lagi rumusan masalah, trus ke latar belakang, trus ke teori kalia, trus liat judul, nah baru dech kalian simpullin di hipotesa ini (ini cara Mimin, bukan dari buku). Inget yaa harus berkesinambungan. Hipotesa itu intinya adalah hasil dari teori kalian (ini yg dari buku). Jadi, kalo kalian nulisnya dari rumusan masalah doank udah pasti salah.

Alhamdulillah selesai juga, moga2 bermanfaat yaaa…

kuncinya cm baca, baca, and baca… insya Allah tulisan kalian ntar lebih berbobot daripada punya Mimin…
thousand luckies for you… :*

Oh iya, jangan lupa footnote yaaa,,, penting!! biar gg kebiasaan jadi plagiatsm,,,

7 thoughts on “Cara Menulis Proposal Skripsi Hubungan Internasional

    • semoga bermanfaat yaaa Debora Huliselan, untuk saat ini identitas asli MamanMimin belum bisa di ungkap nih, maaaaf banged yaa… belum siap jadi orang terkenal nih (asek asek…) . Makasih buat kunjungannya yaaa… Semoga MamanMimin tetep bisa eksis yaa turut berkontribusi buat negara, mengutip kata Prof. Habibie “jangan tanya apa yang telah diberikan negara untukmu, tapi tanyakan dirimu apa yang telah kamu berikan kepada negaramu” … <— motto MamanMimin.🙂 , Semangaaattt !!!

      • hahahaa baiklah kalau begitu. and i wanna let u know, right after i read your blog, i made my new blog here on wordpress.com hehee. hopefully can also write as much as you do.. btw itu bukan motto pak habibie, tapi JFK alias John F. Kennedy🙂 hehehe. Gbu

  1. bagus banget info nya min..
    lebih bagus lagi kalo disertain link buat liat contoh nyata proposal penelitiannya biar makin jelas gitu..😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s