Puasa Hari Pertama

Ramzan Mubarik…
Marhaban ya Ramadhan…

Yak, Alhamdulillah puasa hari pertama telah Maman lewati insya allah dengan sukses. Semoga langkah awal yg syiip ini bisa berlanjut di 29 hari berikutnya. Kali ini Maman akan berbagi kisah gimana rasanya puasa di negeri orang tanpa keluarga saat musim panas pula.

Maman memulai puasa di hari jumat. Kenapa jumat? soalnya muslim USA n Eropa mulainya juga jumat. Jadi biar keren gitu ikut USA n Eropa wkwkkwkwkwk. Nggak nggak serendah itu alasanny. Soalnya Maman berprinsip menggunakan hisab dalam penentuan tanggal. Sholat aja liat jadwal sholat ga liat matahari, puasa juga lah. Gettooo…

Begitu juga dengan Mimin. Malem sebelum puasa kan Maman skypean tuh ma Mimin. Setelah dijelasin gitu dianya ikut2an puasa juga. Katany, “Aku ikut imamku ajah…”. Halah, sok sweet…

Aslinya sebuah kebodohan yang baru disadari di siang harinya bahwa sahur dengan makanan berminyak tuh bikin cepet haus. Kata temen-temen yang dah lama disini, sahur yang cocok tuh ma yoghurt buat menghindari dehidrasi (bilangnya pas udah siang). Ketika mau sahur, toko-toko pada tutup. Jadi dalam keadaan kalut, gelisah, gundah, n bingung mau makan apa jadinya kami bertiga cowok-cowok bujang kebanggaan indonesia akhirnya memutuskan masak nasi goreng ma bakwan. Ma es teh anget (teh panas, karena kepanasan n pgn cepet2 minum akhirny d kasih es) n kurma.

Setelah subuh, karena Maman belum tidur sepanjang malam akhirnya ngantuk. Eh tau-tau Mimin nongol di skype. ya skypean dulu sambil sama2 nggliyeng-nggliyeng n ngomongny ga jelas. Dan kita pun akhirnya tertidur (dan tidak sekamar tentunya)

Dan kiamat itupun datang. Bangun rasanya kaya dah jam 11an gitu, sambil kerasa haus banget. Eh ternyata masih jam 8.30. Makjreng… Pasrah… Maman pun mencoba mengalihkan perhatian dengan cara jalan-jalan dalam gedung hostel aja. Nengokin kamar anak indo yang lain. Nimbrung bentar di kamar yang ada ACny, Maman pun balik ke kamar. Kenapa kok g stay di situ aja? Karena temen2 d situ pada belum puasa, cobaannya lebih berat. Pas jalan balik ke kamar, ngelihat mushola jadi terinspirasi bwt sholat dhuha. Ya udah wudhu abis itu sholat dhuha. Mimin juga ngajakin balapan cepet2an khatam Quran, sekalian deh baca Quran.

Balik ke kamar, ngerjain tugas, online, wasting time ampe jam 12. Abis itu karena Maman abis dapet kiriman dari indo isinya stok agar-agar bwt sebulan, beranjaklah ke dapur bwt bikin agar-agar cap Swall*w Gl*be.

Singkat cerita (dr siang ampe maghrib d skip aja), terdengarlah suara adzan maghrib pas jam 7.19 waktu sini. Sebuah puasa yang sangat berkesan. Puasa perdana di musim panas yang subuhnya jam 3.30 di suhu 40’C lebih. Sungguh luar biasa sekali. Tapi ga tau kenapa, tiap kali Maman baca quran tuh rasa haus itu hilang. Magical Ramadhan kali ye…

Begitulah sekelumit kisah Maman. Sedih memang jauh dari keluarga (dan Mimin juga). Tapi mungkin klo g jauh gini ga bakal ada cerita seperti ini.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s