Memahami Ilmu Politik, Sedikit tentang Konsep Politik

Waah bentar lagi liburan usai nih, saatnya kita bakal kembali di rutinitas yang super sibuk. Bagi yang mulai masuk kuliah udah harus nyiapin mental dan bahan mata kuliah yaa biar semester ini kualitas belajar di kelas okke punya…

Mimin pengen nge-share dikit sih tentang apa yang pernah Mimin pelajari. Udah pada tau kan Mimin kuliah ambil jurusan Ilmu Hubungan Internasional. hehehe… Jadi insya Allah yang Mimin share berguna bagi yang sejurusan ama Mimin. Tapi yang ini juga bermanfaat bagi kamu-kamu yang ada di Ilmu Pemeritahan.

Mmmm… ini cuma dasar nya ajja yaa… kalo ada salah kata dan pengertian mohon dibenahi, soalnya Mimin juga masih belajar. Oiya… ini Mimin simpulin dari apa yang Mimin baca dalam buku Memahami Ilmu Politik karya Ramlan Surbakti.

So, yang dibahas yakni tentang konsep-konsep politik.

Menurut kalian, apa politik itu? pasti ada yang mikir politik itu jeleklah, kotorlah, dan yang lain sebagainya. Nah, sebagai generasi muda kita nda boleh asal ceplas ceplos, semua harus terstruktur untuk menjawabnya. Ya khaann?? (ala syahrini)

Konsep-konsep politik :

  1.  Kalo kalian mengikuti alur bahwa politik ialah usaha2, tindakan2 yg ditempuh oleh warga negara untuk berkomunikasi dan mewujudkan kebaikan bersama, maka kalian berada pada memandang politik dari pandangan klasik. Pandangan ini sbgmn telah diungkapkan Aristoteles (cari sendiri yaa siapa beliau, hehehe). Aristoteles mengaitkan politik dengan nilai etika. Oleh sebab itu Mimin rasa kenapa dalam pandangan klasik ini terdapat nilai mewujudkan kebaikan bersama. Tapi apa yaa kira-kira patokan dari kebaikan bersama itu? Oleh sebab itu sedikit agak membingungkan pengertian politik dari pandangan klasik ini. Maka menurut Mimin dari kekurangan inilah yang menjadi ciri khas dari pandangan klasik. Hasilnya menjadi berpolitik yakni memperbincangkan kemudian merumuskan, mengonsep target atau tujuan yang mau dicapai dan juga ada upaya untuk mengejar tujuan atau kepentingan bersama.
  2. Politik adalah segala suatu hal yang berhubungan dengan
    penyelenggaraan negara dan pemerintahan. Konsep yang kedua ini berarti membicarakan politik dari segi kelembagaan.  Negara ini menjadi pemilik kewenangan yang sah. Ada juga yang bilang negara ini dapat dilihat sebagai lembaga yg punya kepentingan yg berbeda dari banyak kepentingan yg bertentangan dalam masyarakat. Lembaga yang punya otonomi dan punya kemampuan yg melakukan kebijakannya yg dibuatnya sendiri.
  3. Menjadi penguasa itu enak apa tidak? Nah yang ketiga ini berhubungan dengan kekuasaan. Politik diartikan sebagai sebuah kegiatan mencari dan mempertahankan kekuasaan dalam masyarakat. Dalam HI Mimin juga pernah belajar mengenai power, ya klo dibahasa Indonesia-in sih artinya kekuatan, tapi klo jadi anak HI berbicara power punya arti kemampuan menguasai pihak lain untuk sepemikiran dengan kita. Ini hampir sama dengan konsep kekuasaan yg lagi dibicarain, tapi tentu ajja berbeza. Gimana dengan seorang guru atau kyai yang menggunakan kekuasaannya atau dakwahnya yang berhasil mengajak untuk menjadi sepemikiran dengan nya, apa itu disebut politik juga? tentu saja bukan, karena tidak berhubungan langsung dengan pemerintan. Untuk lebih jelasnya baca bukunya bapak Ramlan Surbakti 57 ampe habis yaa… ^_^.
  4. Politik ini sebagai kegiatan yang berkaitan dgn perumusan dan pelaksanaan umum. Ini termasuk dalam kategori Fungsionalisme yang menyatakan bahwa masyarakat dan sistem politik berisi bagian-bagian yang memiliki fungsi yg berbeda-beda.
  5. Nah kalo yg kelima ini politik sebagai  konflik. Karena konflik merupakan gejala yang melekat dalam setiap proses politik. Adanya perbedaan pendapat, perdebatan, persaingan, ada juga pertentangan yg memperebutkan atau mempertahankan nilai juga termasuk konflik. Tapi tidak selamanya juga politik itu konflik, terkadang ada juga kerjasama, koalisi, integrasi, konsensus dll.

Ilmu Politik masih punya banyak lagi konsep-konsep yg lain, jadi jangan males untuk baca yaaa… tugas mahasiswa kn cuma baca. Enak lhoo jadi orang pandai itu. Kan janji Allah bahwasannya akan ditinggikan derajat seseorang jika ia berilmu. Mimin nge-share ini dulu yaa…. ntar pasti Mimin post bahan lainnya, Mimin kanjuga harus baca dulu. Maaf yaa sekali lagi kalo ada yg belum dipahami (sengaja sih biar kalian baca buku lebih banyak lagi, hehehe). Fighting !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s