Prinsip-Prinsip Komunikasi

Hayyy… apa kabar??? Mimin harap baik2 saja yaa…

Mau share tentang isi binder Mimin waktu semester satu nih. Tentang Pengantar Ilmu Komunikasi. Di jurusan hubungan internasional yang Mimin geluti ini juga mempelajari tentang pengantar ilmu komunikasi. Sebagai calon pembicara negara komunikasi yang baik juga penting kan. Kalau menjadi perunding, negosiator, atau diplomat haram berkata “no”. Kenapa? Karena ada cara lain untuk mengungkapkan kata tidak setuju itu. Kan kita berpolitik tuh, power nya harus digunain jadinya.

Okke dech, di binder Mimin prinsip-prinsip komunikasi ada 6 bagian. Prinsip tu apa sih? bagi yang nda tau ya , prinsip ini maknanya asas atau aturan pokok, udah? yuks lanjut.

Prinsip yang pertama, komunikasi adalah proses simbolik. Ada yang tau maknanya??? ….
Lambang atau simbol adalah sesuatu yang digunakan manusia untuk menunjukkan sesuatu yang lain dan berdasarkan kesepakatan bersama atau sekelompok orang.
Lambang itu kan seperti yang kalian tau sangat bervariasi kan yak? Nah, lambang itu sendiri pada dasarnya tidak memiliki makna, kitalah yang memberi makna pada lambang. Lambang itu juga bersifat sembarang, manasuka atau sewenang-wenang yang artinya apa saja bisa dijadikan lambang, bergantung pada kesempatan bersama. Trus bedanya ama Ikon apa??? ada yang tau??? apa hayooo… kalo ikon menurut isi binder Mimin yang berasal dari dosen Mimin adalah kalau ikon itu tidak perlu atau tidak butuh kesepakatan.

Kemudian yang kedua, setiap dari perilaku, tindakan dari kita memiliki potensi komunikasi. Mungkin yang dimaksud disini itu seperti isyarat gitu. Meskipun hanya dengan mengangkat alis saja kan juga bisa menimbulkan komunikasi, ya ngga???

Ketiga, Komunikasi melibatkan prediksi/ramalan peserta komunikasi tersebut. Ini juga mungkin maksudnya aturan pokok dalam komunikasi adalah apa yang dibicarain itu punya beberapa arti tergantung ama yang diajak bicara. gitu mungkin… hehehe

Yang keempat, semakin mirip latar belakang baik sosial ataupun budaya maka makin efektiflah komunikasi. Penting banged ini, tapi jangan hanya karena ini kalian cuma mau berkomunikasi sama yang sesama ajja, ntar malah gag punya temen and jadi orang ansos (anti sosial) lagi. Jadi tapa kesediaan untuk saling memahami dan menerima perbedaan akan sulit tercipta komunikasi verbal yang baik. Jadi lebih terbukalah terhadap ilmu yaa…

Kelima nih, Komunikasi bersifat irreversible . Maksudnya piye? maksud te itu, suatu perilaku adalah suatu peristiwa. Nah, yang dimaksud dengan tidak dapat kembali ke keadaan semula itu efeknya tidak dapat ditiadakan sama sekali meskipun kamu berupaya meralatnya. So, hati2 ya ama lidahnya,,, ada yang bilang juga kalau lidah lebih tajam dari pisau belati. Bayangin sendiri ya…

Yang terakhir, Keenam, komunikasi bukan panasea untuk menyelesaikan masalah. Mungkin maksudnya tidak selalu menjadi obat yang paling mujarab dalam menyelesaikan masalah kali yaa… ada lah pasti cara lain selain cuma ngomong, dengan action may be.

Moga-moga tulisan ini bisa ngebantu yaa… sengaja Mimin tulis “mungkin” biar kalian tetep baca buku, jangan cuma bisa copas. Gag jaman copas guys, gag keren sama sekali, Mahasiswa itu tugas utama itu baca baca baca dan tulis.

Semangat…

eh jadi keinget dosen Mimin yang ngajar mata kuliah ini dech, dosen wanita yang selalu semangat kalau ngajar, tdk pernah telat, orang nya seru, Bu Qori, semoga pahalanya ngalir ke beliau yaa… aamiiiinnn

2 thoughts on “Prinsip-Prinsip Komunikasi

    • Nah kalo itu Mimin kurang tau, hehehe… ini mimin tulis berdasarkan isi binder waktu semester satu. Kalo ada tambahannya monggo ditambahin yaaa… biar nambah khazanah ilmu MamanMimin dan para pembaca sekalian, insya Allah ilmu nya berkah… makacih yaaa, oia terimakasih juga buat kunjungannya plus kritikannya… mmuuaacchhh :*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s