Bukan Demokrasi asli, cuma curhatan…

Curhat lagi donggg… Boleh ya???

😥 , Mimin lagi bosen banged nih. Dari 2 semester lalu, eh ngga ding, dari semester satu dech, Mimin dicekokin sama hal-hal yang berbau demokrasi. Pasti pembaca sekalian juga udah bosen kan. Harusnya Mimin tambah bahan bacaan gitu yaa? tapi penyakit M ini selalu kumat, tau kan penyakit M? yes, M.A.L.A.S …

Jadi Demokrasi tuh rumusnya, pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat (sorry kalo kebalik-balik). Tau gag gimana prosesnya? jadi awal mulanya itu dari sistem Monarki –> Tirani –> Aritokrasi –> oligarki –> demokrasi. Ini menurut dosen Mimin Pak Gonda, yang setelah Mimin browsing di beberapa blog lainnya alur yang seperti itu ialah lanjutan dari ide Aristoteles  yang dilanjutkan oleh Polybios.

Sebelum ada penjelasan dari Pak Gonda ini Mimin masih males2an belajar demokrasi, cuma tau demokrasi ala kadarnya ajja. Beneran bosen soalnya. Menurut Mimin penjelasan dengan alur begini lebih enak untuk memahami kenapa demokrasi itu ada. Pemerintahan awalnya dipegang oleh Raja, kemudian Raja itu ternyata seraka dengan jabatannya maka sistemnya berubah jadi Tirani, yang lebih mementingkan pribadi Raja dan keluarganya saja. Kemudian Raja ini dikudeta (bahasa Mimin, bahasa politiknya dilengserin), dan diganti dengan Aritokrasi, awalnya sih baik, soalnya dipegang oleh orang-orang pinter (cendikiawan) pada zaman itu dan bergerak untuk kepentingan bersama. Lalu kenapa diganti lagi menjadi oligarki? yaaa gitu dech manusia, begitu udah ngerasa nyaman dengan kedudukan yang enak jadi lupa ama tujuan awalnya. Bener gag? Maka terganti jadi oligarki, eh ternyata oligarki juga gg berjalan dengan yang diharapkan kan. Akhirnya masuk pada zaman demokrasi, yang pemerintahannya dijalankan dari semua rakyat. Diharapkan dari sistem ini masyarakat nya aktif dalam membangun politik dan ekonomi negara. Idealnya sih gitu,,, tapi u know laaaahhh gmn pelaksanaannya…

Mimin bukan posisi ataupun oposisi mengenai ini, berabe soalnya, bisa diboikot ntar Mamanmimin.wordpress.com ini oleh pihak2 yang gitu dech… Sekali lagi ini hanya curhatan terhadap bosennya harus nulis demokrasi dalam setiap paper dengan permasalahan yg adaaa ajja para dosen ini ngasihnya.

Sekedar saran, bagi kamu2 yang gag suka atau pun suka ama demokrasi, lebih baik banyakin bahan bacaan dech, dan jangan belajar dengan tutup telinga, kalian harus diskusi, nerima kritikan yang masuk, banyak nanya, dan juga kalau belajar harus sampe ke akarnya yaaa… biar kalo kalian jadi posisi atau pun oposisi terhadap demokrasi gag kyk orang buta yang meraba gajah, okke… okke dong… Pokoknya jangan kyk Mimin dech yang tau kulitnya doank, ini Mimin udah mulai mau belajar lagi sampe akarnya, ternyata emank perlu tau masalah yang lebih keren dari K-pop ini, demokrasi, biar gag kyk Islam KTPan gitu.

Semangat membaca yaaa… ntar Mimin share lg apa yg udah Mimin baca,,, so tongkrongin terus yaaa Mamanmimin.wordpress.com

Colek Maman, mana nih ilmu Nano nya???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s