Islamabad tentang Idul Adha 1433H

Sepi. Hanya ini kata yang terlintas.

Mungkin karena 3 hari ini Maman cuma stay d hostel. Hostel yang sepi karena ditinggal mudik oleh para penduduk lokal sehingga hanya menyisakan para foreigner. Ga ke KBRI, ga ke rumah temen Pakistan, ga juga ke pusat kota. Sibuk bukain pintu nerima daging kurban.

Di saat negara lain menyatakan Idul Adha jatuh pada hari jumat, pemerintah Pakistan mengumumkan bahwa sholat ied akan dilangsungkan hari sabtu pagi sehingga Maman bersama beberapa mahasiswa mengadakan sholat ied bagi yang merayakannya pada hari jumat. Kenapa bisa beda gitu? Ga tau juga. Salahkah? Selama mereka memiliki dasar yang jelas atas kebijakan mereka, insya allah tidak ada yang salah. Begitu juga KBRI. KBRI ikut kebijakan pemerintah lokal jadinya Maman ga ke KBRI bwt sholat ied. Kan udah di hostel. 

Awalnya kami pikir yang ikut sholat paling cuma Indonesian aja, jadinya khotib ied mempersiapkan khutbahnya dalam bahasa Indonesia. Tapi ternyata banyak juga yang ikut dari negara lain macam Thailand, Filipina, China, Somalia dll.

Karena masyarakat lokal baru pada Idul Adha besoknya, kan aneh klo kita potong qurban hari jumat. Mereka pasti mikir ni apaan bagi2 daging, sedekah ya om? Maka setelah sholat ied, makan2 bentar (temen2 saling ngumpulin makanan, kecuali Maman), jenguk sapi kita-kita yang bakal kita kurbankan besok, lanjut internetan di kamar sambil selimutan kedinginan.

Mengenaskan.

Mau ke luar juga toko pada tutup. Bis kampus yang mengantar kita kemana aja dengan modal student card juga libur. Kata beberapa temen angkutan umum juga sulit. Mungkin taun depan deh kalo Maman punya kendaraan pribadi bakal ada liputan langsung di kampung2 penduduk setempat. Doanya.

Penutup, mohon doanya bwt kulkas Maman biar ga jebol.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s