Sedikit tentang IMRAD

“Apa dehhhhh… ” kalimat yang keluar setelah ngebaca tulisan Maman yang Habislah Gundah Terbitlah Berkah. -__-” , tolong dimaklumi saja ya pembaca sekalian, gitu dech. Tapi bikin makin cinta dech, ups.

Well, Mimin mau share tulisan karya ilmiah yang baru ajja disosialisasiin dosen Mimin. Mungkin temen2 sekalian udah akrab ama ini “IMRAD”, ya gag?

Mimin sih belum terlalu mahir, masih meraba-raba gimana biar tulisan itu jadi IMRAD banged. IMRAD ini singkatan dari Introduction, Metodologi, Result, A nya masih ada perdebatan dalam diri Mimin, trus Discussion. 

Langsung ya,

Seperti biasa Introduction ini isinya sama kayak latar belakang di makalah, introductiion di paper yang berisi gaya kita banget. Kenapa kita ambil tema itu, kenapa sangat menarik, bagi banyak orang yang tidak terbiasa menulis ini agak sulit guys, mengingat pengalaman pertama Mimin juga waktu dulu pertama kali nulis. Tapi percayalah menurut Dosen idola Mimin, Pak Victor, di bagian ini itu kita bener2 nulis dengan minat dan kesukaan kita. Jangan lupa dibagian ini juga kita udah memperlihatkan posisi kita sebagai penulis. Dalam masyarakat HI (Hubungan Internasional) posisi ini seperti bagaimana cara pandang kita terhadap kasus yang kita pakai, realis kah? liberal kah? dan seacam nya dech. Trus juga isinya juga bisa pengertian dari keyword yang kita gunakan, dan apalagi yaaa… tambahin dech ya kalo ada yang punya lebihnya… hehehe

Kemudian masuk ke Metodologi, ini isinya teori yang kita gunakan untuk memperkuat argumen kita. As u know bagaimana teori dan konsep itu bekerja, itulah yang ditulis disini.

Result, Kata ibu Peggy, dosen Mimin, itu hasil dari I+M. Hasil dari introduction and metodologi, gag begitu yakin sih. Pembaca ubek-ubek sendiri dech, sorryyyyy….

“A” menurut data yang Mimin cari banyak yang bilang “A’ berarti and , tapi menurut ibu Peggy “A” ini ialah analisis. Terserah kalian dech klo yang ini. masih ada perdebatan juga.

Discussion, kalo bagian yang ini Mimin biasanya nulis diskusi-diskusi yang berkembang saat mengerjakan, atau sebelum memulai menulis, menurut Mimin ini penting soalnya akan bisa membantu untuk penulis selanjutnya yang ngebaca tulisan kita. Biasanya Mimin nulis dalam bentuk pertanyaan gitu.

 

Well, sorry kalo infonya kurang lengkap atau kurang memuaskan, ntar kalo Mimin udah jago bakal nge-share lagi dech.. okke okke

2 thoughts on “Sedikit tentang IMRAD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s