Mimin dan Anak kangker-ABK

Hehehe…

Cerita ini udah berusia lebih dari dua minggu yang lalu. Tapi tak ape lah yaa diceritakan lagi.

Hari Jumat dua minggu yang lalu bertepatan dengan tanggal 3 Mei 2013, Mimin pergi ke ibu kota provinsi Jawa Timur. Dalam rangka apa? dalam rangka mengikuti pelatihan dari organisasi sosial yg Mimin ikutin. Mimin bergerak dibidang sosial, lebh khusus organisasi mahasiswa sayang kanak-kanak.

Hari itu Mimin dapet materi tentang menangani anak penderita kangker dan anak-anak berkebutuhan khusus. Ini bener2 hal yg baru buat Mimin. Bukan tanpa perjuangan, harus bisa ngalahin berbagai rasa yang berkecamuk dalam hati. Soalnya baru pertama menangani anak-anak yg seperti mereka.

Materi yg Mimin terngiang2 itu adalah:

1. Untuk menangani anak yang sedang melawan kangker itu adalah kesabaran dan pengertian bahwa sakit itu adalah sakit. Dalam menangani mereka kita tidak boleh lupa bahwa rasa sakit yg mereka rasakan itu bener sakit, lebih sakit dari sakit gigi.
Ajaklah bermain sesuai dengan usia mereka, secara naluri kekanakan mereka masih seusianya. Hanya saja yg membedakan itu tingkat emosionalnya. Penderita kangker mood mereka diatur oleh rasa nyeri (sakit) yg mereka rasakan. So, kalian yg sehatlah yg harus menjaga mood kalian agar tetap ceria.

2. Kemudian, menangani anak berkebutuhan khusus yang dibutuhkan ialah komitmen, konsistensi, disiplin, ketulusan. Mimin diberitahu oleh pemateri bahwa anak berkebutuhan khusus (ABK) sedikit banyak bisa mengikuti kedisiplinan, tapi butuh kesabaran sebagai pengajarnya. Kemaren kita mempraktekkan cara berkenalan dengan mereka. Gini caranya: mulai dengan bismillah, pegang dengan lembut kepala ABK dengan kedua tangan kita. Tatap mata si ABK dengan hangat sampai mata si ABK menatap mata kita, barulah kita sapa dia “Hai” “assalamu’alaikum” “apa kabar?” dan sebagainya. Lakukan hal ini secara konsisten hingga sang ABK ketika bertemu dengan kita dia tau kata kuncinya. Pemateri juga menyampaikan kalau berbicara pada si ABK memang memiliki kesulitan, tapi kuncinya adalah berbicara dengan mereka melalui ketulusan dan mata hatinya.

Trus Mimin juga bertemu dengan dewan penasihat yang memiliki progam #raiseyourhandforhope . Akan ada kegiatan amal untuk ABK di Surabaya tanggal 29-30 Juni 2013. Kalo ada yg di Surabaya boelh tuh temen2 datang, hehehe… kalo Mimin sih insya Allah gg dateng, soalnya tanggal 2 Juli harus KKN.

Quote penting waktu itu sih, bahwa anak bekebutuhan khusus itu bukan gila atau hilang kewarasannya, mereka hanya memiliki kebutuhan yang tidak sama dengan kita yg normal. So, jang didiskriminasiin yaaa… tidak ada rasa sayang yg sia-sia kok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s