Load Shedding a.k.a. Mati Lampu

Pakistan termasuk negara yang agak miskin tentang energi listrik. Meskipun memiliki 4 reaktor nuklir yang mereka bangga-banggakan itu, tapi tetep aja ga nutupin kebutuhan listrik negaranya. Pembangkit listrik yang utama di negara ini adalah air, sehingga kalo airnya lagi surut seperti musim summer gini otomatis produksi listrik pun menurun. Masalah ini diperparah dengan tidak ada aturan batas maksimal penggunaan listrik seperti rumah-rumah di Indonesia sehingga pelanggan menggunakan listrik semaunya.

Ini termasuk keadaan yang klasik, dah terjadi dari jaman dulu kala sehingga Maman sih udah biasa. Apalagi orang lokal. Sudah biasa menghadapi sejam nyala listrik sejam mati listrik. Islamabad yang ibukota aja parah kaya gini, apalagi yang desa-desa.

Kemaren di blok H-10 Islamabad terjadi pemadaman yang luar biasa. Dari malam tuh cuma nyala 2 jam. Abis itu jam 00.30am PKT mati. Maman yang waktu itu lagi belajar buat ujian di pagi harinya terpaksa belajar pake senter. Cek di pesbuk banyak temen Maman yang orang indo pada misuh-misuh. Di luar hostel, orang-orang Pakistan pada teriak-teriak demo minta nyala listrik. Jam 1 Maman pun tidur menyerah dengan keadaan.

Bangun pagi ternyata listrik belum nyala. Hingga akhirnya jam 8 am ketika Maman mau berangkat ke kelas buat ujian muncul selebaran-selebaran meminta ujian di batalkan karena ga ada listrik. Dan ujian bener-bener dibatalkan.

Hingga akhirnya listrik baru nyala jam 7 maghrib. Langsung isi batere semua device yang udah sekarat dari pagi kehabisan batere. Katanya sih ada masalah kabel penyambung dengan PLN d sini jadi gosipnya listrik cuma ada di malam hari karena pake genset.

Jadi yang di indonesia pada misuh-misuh sama PLN, cobalah sedikit tengok sodara-sodara kalian di negara dunia ke-4 macam ni. Banyak-banyaklah bersyukur dengan berbagai kejelekan di Indonesia karena ada yang lebih parah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s