Tips KKN part 1

Jadi pengen ngasih tips KKN dech… Moga-moga info ini bermanfaat yaaaa… Tapi, gag semua KKN itu sama, tulisan ini berdasarkan pengalaman Mimin saja.

Tips awal-awal koordinasi:

  1. Gag usah lebay, alay dan sejenisnya. Maksudnya lebay banyak Omdo plan atau proker yang sebenernya kalian belum tau lokasi desa disana tuh gmn. Kecuali udah ada observasi ke TKP baru dah saatnya berkreatifitas.
  2. Setidaknya udah tau siapa2 yang bakal jadi temen KKN kita, setidaknya tau nama dan wajah mereka.
  3. Bentuk kepengurusan sesuai bakat dan passion dari anggota, jangan maen tunjuk, ini sih nasihat buat kepala koordinasi desanya. Kenapa? biar gg menimbulkan konflik ditengah-tengah tugas. Lebih baik biarkan anggota memilih sendiri di divisi apa ia bakal bekerja.
  4. Bicarakan tentang logo kelompok, bidik sekretaris yg rajin biar nyiapin segala kelengkapan surat2, ini penting banget.
  5. Pilih Humas yang cekatan, ini juga penting. Selain cekatan Humas juga harus bisa bikin proposal2 biar gag bergantung sama sekretarisnya.
  6. Dari awal udah ngomongin masalah dana ya guys,,, Mimin dulu buat dana patungan KKN sebanyak 800ribu.  Duit segitu untuk akomodasi makan, tempat tinggal, transport, kebutuhan progam kerja, dan jgn lupa tetep disimpenin buat biaya dadakan. Maka sang ketua harus pinter milih bendaharanya.
  7. Jangan lupa nyebarin proposal, kalo bisa tembus banyak kan lumayan bisa ngerjain progam-progam besar, contohnya jalan-jalan bareng sehabis KKN kemana gitu.. #eh Karimunjawa gitu #eh Bali #eh #eh #eh
  8. BIkin peraturan selama KKN juga penting sih, gunanya biar KKN kita aman dari segala bentuk nilai yg jelek. Yaaa… jaga2 kalo ternyata ada salah satu dari anggota punya bakat nakal gitu.
  9. Oia, bikin stempel juga.
  10. Intinya surat menyurat adalah hal penting buat diurus dipertama pembentukan pengurus. Catet!!!!

okke , ini tulisan khusus buat rapat2 koordinasi awal mula KKN. Gag usah lama2 deh ngumpulnya, ngabisin waktu ygsangat berharga ini. Soalnya Mimin waktu rapat dulu, setiap kumpul tuh dua jam-an geto. Bete beuddd…

Tips selanjutnya dituisan selanjutnya yaaa…

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s