Tips KKN part 2

Pada bagian ini Mimin mau share tips KKN ketika udah dapet lokasi penempatan dan beberapa yang perlu diperhitungkan atau yang perlu didiskusikan dengan perangkat desa.

Kenapa ini penting? Puenting banged guys. Kita kan bakal bertamu dalam jangka waktu yang lama nih, otomatis harus lebih kenal dengan si empunya rumah. Yaa,,, tau adat kebiasaan desanya, pantangan2 nya, mitos2 nya, bahkan kembang desa plus kumbang desa juga harus tau. #ehmaap

Lanjut…

Kenapa penting? Karena ini menyangkut nilai mennnn… hehehe, jumlah SKS yang besar akan sangat berpengaruh buat ijazah kita. So, waktu KKN gag usah sok sok jagoan dech, inget besarnya pengeluaran nya dan juga inget rapat2 yang ngebosenin itu. Haduuuuuhhhh … gag lagi2 deh mau ngulang. Penting juga karena kita kesana itu bawa nama universitas ada beban juga. Kalau misalnya bisa dibilang sih nyawa adek tingkat kita berada di tangan kita. Andaikata kelompok kita berbuat sesuatu yang jelek otomatis tahun kedepan kepercayaan warga akan berkurang dan itu akan menyusahkan angkatan bawah. Yaa… tetep lah gag boleh egois kan ya… (duh baiknya Mimin ini ya #eh).

Tips KKN observasi:

  1. Usahakan observasi pertama itu di jam kerja kantor. Tentu saja sebelumnya udah minta disambungin dari pihak kampus ke kepala desa itu. Gunanya biar kalo ada apa2, back up kita campus menn… hehehe
  2. Untuk observasi pertama siapa ajja yang mau ikut boleh ajja, tapi kepala kordinasi (selanjutnya Mimin sebut KorDes) harus ikut dalam setiap observasi.
  3. Saran dari Mimin yang ikut koordinasi acara itu sebaiknya perwakilan divisi ajja. Karena untuk observasi pertama pengurus inti gg begitu diperluin. Kenapa perwakilan dari tiap divisi? Karena mereka kan yang tugasnya bikin proker jadi biar gag ngabisin waktu biarkan mereka ikut agar ada bayangan mau buat progam kerja apa disana.
  4. Istilahnya obsevasi pertama itu kayak kulonuwun (maap klo salah nulis), jadi kita berkunjung ke kepala desa serta perangkatnya dan bagian pengaya lapangan dari kampus. Biasanya untuk masalah tempat tinggal udah dibicarakan oleh pihak kampus, kita tinggal bayar ajja.
  5. Setelah itu sempatkan untuk berkeliling di desa agar punya gambaran mau buat gebrakan apa disana.

Tips observasi KKN kedua:

Sebenarnya kalo kordesnya terampil dan cekatan kita gg perl ada observasi ketiga dan keempat. Apalagi kalo kelompoknya kompak diobservasi kedua ini semuanya beres.

  1. Sebelum observasi yang kedua ini, kordes harus tegas terhadap anggota kelompoknya, apalagi ke ketua masing2 divisi untuk nyelesein proker dalam bentuk hard copy untuk dibawa saat observasi kedua. Dua hari sebelum observasi kedua masing2 divisi udah ngumpulin draft ke kordes untuk didiskusikan lagi secara internal. Kalo bagian ini beres saatnya lanjut…
  2. Hasil dari proker diatas akan secara otomatis dievaluasi oleh bagian pengayaan lapangan dan kepala desa atau yang mewakili. Kenapa? ya biar kita gag salah arah. Kan yang tau desa itu tentu saja si empunya desa. Beliau lebih tau apa yang dibutuhkan oleh desa itu atau yang bakal bisa dijalankan di desa tersebut.
  3. Jika kamu yakin dengan apa yang kamu buat, tentu saja presentasinya juga harus sangat meyakinkan dong. ya kannn??? Tapi kalo kepala desa udah gg ngijinin ya gag usah maksa, situ kan tamu.
  4. Setelah semua di ACC sama kepala desa, saatnya masing2 divisi mencari/menghubungi orang yang bersangkutan dengan proker sesuai dengan arahan perangkat desa. Gag perlu sok sok tau atau sok hebat bersosialisasi masalah ini, inget tata krama ajja.
  5. Setelah dapat semua informasi yang dibutuhin, sekretaris divisi langsung bikin progam kerja yang baik untuk ditulis dalam pengajuan proposal. Usahakan dalam dua hari jadi.
  6. Kemudian proker yang udah dalam bentuk laporan proposal itu langsung diserahkan ke Bendahara agar mudah bendahara ngatur keungannya biar bisa jalan-jalannnnn… hehehe
  7. Saran Mimin sih milih bendahara yang keliatan bakat pelitnya biar aman eksekusi jalan-jalanya. #eh
  8. Nah, kalo semua ini udah beres, tinggal nunggu waktu KKN nya ajja dech. Proposal tinggal disebar, laporan tinggal dicicil, keuangan tinggal diatur sehemat mungkin dan tinggal nyiapin mental dech.

temen-temen KKN Mimin

Mungkin ini sekilas info buat kalian yang bakal menempuh KKN. Eh iya, tapi ini berdasarkan kampus Mimin lho yaaa… mungkin tiap kampus punya selekongnya masing2… cuma berharap ini bermanfaat ajja buat pembaca sekalian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s