F-9 Fatima Jinnah Park

Di Islamabad ada sebuah taman yang luasnya 1 blok. Luaaaaasss banget. 1 blok di Islamabad itu ukurannya 2 km x 2 km atau sekitar 400 Ha. Karena letaknya di blok F-9, makanya tamannya dinamakan F-9 Fatima Jinnah Park. Taman ini dibuat pada tahun 1992 dan diresmikan oleh Perdana Menteri saat itu Nawaz Sharif yang kini menjabat sebagai PM Pakistan lagi.

Baradare (Community) terletak di deket gate menyambut para pejogging

Baradare (Community) terletak di deket gate menyambut para pejogging

Kalo dibandingin Muang Baron di Bangkok, kayanya masih lebih luas Fatima Jinnah Park ini. Tapi di Muang Baron lebih banyak objek bangunannya, sedangkan Fatima Jinnah Park ini datar aja, padang rumput gitu. 

Awalnya hari jumat kemaren Maman ngerasa boring jogging d sekitaran kampus dan I-10. Makanya Maman cari tempat lain buat jogging sekalian survey lokasi karena kita PPI mau bikin acara jalan sehat bersama masyarakat indonesia di sini.

Start dari gerbang barat atau yang bernama Bolan Gate, Maman mulai berjogging. Karena jumat bukan hari libur, jadinya ni taman sepi. Di tambah tamannya luas banget jadi makin keliatan sepi. Mungkin kalo di Indonesia tempat yang sepi-sepi gini dah dipake mesum-mesuman. Ada 2 pilihan jogging track, dirt ato stone. Kalo dirt tuh lintasannya terbuat dari tanah dan pasir, sedangkan stone pake susunan batu kali dan paving. Maman pilih dirt.

Ini track yang dari stone

Ini track yang dari stone

Sepanjang perjalanan jogging, rumput-rumput nampak baru mulai tumbuh. Ya maklum baru selesai musim dingin. Beberapa gardener sudah mulai membajak beberapa area supaya lebih cepat ditumbuhi rumput. Beberapa pool dan kolam air mancur juga nampak baru dibersihkan, bersiap menyambut musim semi dan musim panas. Boring karena kesepian, Maman beranjak ke track stone yang agak banyak orang jogging juga. Siapa tau kalo Maman ada apa-apa bisa ada yang nolongin, daripada sendirian. Haha.

Ditempat ini juga dikumpulkan beberapa monumen-monumen, tiruan plakat penghargaan versi besar, dan patung-patung seniman terkemuka Pakistan. Selain itu ada juga susunan batu dan pohon yang kayanya cocok buat foto-foto prewed kaya film-film Bollywood. Panggung, Ampitheater, dan berbagai item kalo mau bikin acara-acara outdoor ada disini. Namanya juga 400 Hektar, dah segitu banyak fasilitas aja masih keliatan melompong disini. Maman sambil liat-liat, tengok-tengok, pilih-pilih kira-kira kalo mau bikin acara besok di tempat yang mana. 

Salah satu plakat dari United Nations

Salah satu plakat dari United Nations

Salah satu pemandangan

Salah satu pemandangan

Beranjak semakin ke timur, ada permainan anak-anak dan lapangan olah raga. Di tempat ini agak rame soalnya gate utamanya disini.

Dah teler, akhirnya Maman pun beranjak pulang. Kalo ditotal, kira-kira ada 5-6 km an lah Maman jogging tadi soalnya dari start sampe pulang memakan waktu 1,5 jam. Tapi nggak jogging total sih, banyakan jalannya. Haha. Itupun belum semua area Maman telusuri. Karena cuaca masih dingin, Maman nggak keringetan meski dah jogging sejauh itu.

Untuk masuk ke taman ini, biayanya gratis. Cuma dipungut biaya parkir Rs 10 (Rp 1000). Segala macam kendaraan ga boleh masuk ke dalam area dan segala macam permainan bola (sepak bola, hoki, kriket, dsb) terlarang di area ini. Trus kalo mau jogging disini harus bawa minum sendiri soalnya ga ada orang jualan didalem area.

Tuh Faisal Masjid keliatan jauh...

Tuh Faisal Masjid keliatan jauh…

Kalo dari sini keliatan gedung-gedung di Blue Area

Kalo dari sini keliatan gedung-gedung di Blue Area

Bolan Gate

Bolan Gate

Taman

Taman buat poto-poto prewed

One thought on “F-9 Fatima Jinnah Park

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s