Perbedaan Review dan Resume

Tetiba Mimin teringat dimasa Mimin baru masuk kuliah. Kalo pas SMA dulu ngerjain PR nunggu pagi dulu, bukan shubuh, tapi berangkat pagi biar dapet contekan dari temen2 yang rajin, hehe… yaaa kalo ngga ngerjain barenglah. Kalo malem males banged ngerjain mending nge-game. Itu sih dulu…

Kuliah semua berbeda, iya gag? Ada beberapa teman yang tambah males atau tambah rajin. Mmm… kalo Mimin masuk yang jadi rajin nya, hehe perezzzz.

Pertama kali dapet tugas yaitu nge-review suatu jurnal Mimin bikin ajja ringkasan dari jurnal itu. Ternyata, salah. Mimin sotoy sih waktu itu, hehe… tanpa mencari tau apa itu review, resume atau ngerangkum. Huft, jangan diikutin yaaa…

Berdasarkan pengalaman buruk itu Mimin mau berbagi sedikit yang Mimin tau.

Well, resume itu bisa dikatakan sebagai ngerangkum kata dosen Mimin. Resume untuk anak kuliah harus jauh berbeda dengan resume ketika masih siswa. Resume yang berbeda itu maksudnya setidaknya kita punya satu bahan lagi yang mendukung bahan yg kita resume. Hal yang terpenting jangan lupa mencantumkan sumber yang kedua. Knp begitu? agar resuman kita nilainya lebih berbobot karena banyaknya materi yang kita punyai.

Nah, kalo nge-review adalah tugas favourite Mimin. Percayalah nge-review itu bikin pinter. Sesuai makna katanya yaitu melihat kembali (kurang lebih begitulah), artinya ketika telah membaca jurnal atau tulisan yang ditugaskan kita diminta untuk melihat hasil itu dengan persepsi kita. Jadi bukan dengan menjiplak apa yang ada. Baca, pahami, lihat lebih dalam, lalu baca tulisan lain (minimal 3 tulisan lain) yang satu tema dan topik kemudian bandingkan dan tentukan posisi kita. Rumitkan??? Makanya nge-review itu bisa bikin pinter.

So, jangan takut dan males ama tugas yaa, meskipun kalian tau kalo si dosen gag baca tulisan kalian ingat hal ini: “Tuhan berjanji dan DIA tak bisa melanggar janjiNYA: Tidak ada perbuatan baik yang sia-sia”

SEMANGATTT…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s