Nggak Boleh Memendam Emosi

“Yang, kamu kenapa? kok cemberut mulu sih?”
“Nggak papa”

“Muka kamu cerah banget. Abis dapet rejeki nomplok ya?”
“Mau tau aja sih” (cubit genit)

Bahasa tubuh adalah bahasa yang universal. Nggak ada kamus terjemahannya tapi seluruh dunia bisa saling memahami hanya dengan bahasa tubuh. Tanpa banyak mengucapkan kata, isi hati kita bisa tersampaikan sepenuhnya hanya dengan beberapa gerakan tubuh.

Begitu pula dalam pacaran. Dalam hubungan normal, sebagian cewek yang hobi ingin selalu dipahami oleh cowoknya sering menggunakan bahasa tubuh untuk menyampaikan keinginannya. Semacam ada gengsi gitu kalo ngomong langsung. Ada beberapa cowok yang bisa langsung paham maksudnya, namun lebih banyak yang ga paham.

Dalam LDR, kita nggak bisa menggunakan bahasa tubuh. Diem biar cowoknya ngerti klo ceweknya ada masalah. Cemberut karena nggak ditelpon. Perut melilit karena laper. Nggak mungkin bisa tersampaikan keinginannya kecuali ya ngomong langsung.

“Yang, aku marah sama kamu karena … … …(diisi sendiri)”
“Yang, kamu jangan kaya gitu, aku ga suka”
dsb

Begitupun Maman n Mimin. Maman tuh orangnya agak emosian n Mimin tuh suka diem lama kalo lagi ada masalah. Kalo Maman ada yang g suka dari Mimin, ya Maman langsung ngomong apa adanya. Kadang agak over sampe ngeluarin kata-kata yang ga enak. Dan Maman berusaha memancing Mimin ngomong biar tau keinginan Mimin.

Kunci LDR memang di komunikasi. Memendam emosi hanya merugikan diri sendiri. Kamu sedih, marah, seneng, hampa, pasangan kamu ga bakal tau k diluar apa yang nampak di tulisan (chat, status, tweet) dan video call. Sebelum masalah menjadi lebih besar, lebih baik segera utarakan. Jangan gengsi sok ingin dimengerti. Pasangan kamu juga pasti akan menerima keadaan emosimu. Kalo nggak nerima berarti bukan pasanganmu.

Ssstt… Maman n Mimin lagi berantem…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s