Tips untuk penjahit pemula

Suatu kesyukuran, keluarga dari mama Mimin 80% semua bisa menjahit. Kalo denger dari kisah mama sih emang dari buyut Mimin pada bisa jahit. Namun sayangnya tidak ada yg jadi designer. Cuma tukang jahit biasa. Namun, setelah Mimin pikir2 lagi kalo cuma design doang semua orang bisa tapi untuk menjahit emang butuh bakat dan usaha yang maksimal.

Sejak 3 tahun yg lalu Mimin baru mulai tertarik. Kalo awalnya suka shopping baju sekarang suka bikin baju sendiri. Guru Mimin ada banyak, sepupu2, bude, tante, pak de dan mama Mimin jadi pahlawan Mimin. Saat ini Mimin udah bisa bikin rok, blezer, baju2 kaos ama gaun circle gitu. Hehehe, tapi Mimin belum bisa ngukur badan orang. Modalnya cuma dari pola baju ajja.

Mimin mau share sedikit untuk jadi pemula, dengan harapan semoga bisa lebih baik dari Mimin:
Jika membeli bahan katun, sebelum dipotong WAJIB dicuci dahulu kainnya. Berikut testimoninya. Karena pernah berhasil bikin rok, Mimin begaya beli kain yg Mimin suka langsung jahit dan jadi. Ternyata setelan dicuci rok yg udah jadi itu mengecil, menciut gitu kayak pinjem rok adek. Mimin gag percaya dengan semua yang terjadi. Ah. Hehehe…
– Jangan malas. Ketika temen2 sudah punya pola dasar, jangan malas untuk menjiplak lagi diatas koran bekas. Kenapa? Ditakutkan ada salah yang berakibat fatal. Saran ini ditujukan bagi temen2 yang ingin menambahkan aplikasi atau model lain dari pola dasar yang ada. Jikalau baju yang diinginkan sama persis dengan pola dasar ya monggo langsung dipotong
– Berhubungan dengan pola dasar, jangan lupa untuk membuat pola dasar yang telah ditambah dengan space untuk jahitan. Jadi pola dasar yang ada ditambah 1,5 cm tiap pinggirnya untuk dijahit dan diobras. Pola dasar Mimin dulu gag ada untuk jahitannya jadi sering keliru, sering kekecilan.
– Jangan malas yang kedua adalah jangan malas untuk menjelujur dengan teknik jelujur ataupun dengan jelujur jarum pentul. Ini sangat membantu agar jahitan kita lurus dan rapi.
– Usahakan meteran selalu menggantung di leher biar gag capek mondar mandir, begitu juga dengan gunting, usahakan gunting punya lebih dari satu.
– Setelah kain semua beres dipotong, langkah selanjutnya bukan dijahit tapi di obras dulu. Biar enak nantinya, gag perlu bongkar jahitan lagi.
– Cobaan yang paling penting adalah ngebongkar jahitan. Udahnya kita berusaha susah payah menjahit ternyata gag sesuai dengan kerapian guru kita, otomatis bakal disuruh bongkar dan jahit ulang. Sabar. Lakuin ajja dan tetap tersenyum.

Mimin rasa itu dulu. Pesen Mimin dalam proses belajar jahit adalah sabar yg banyak yaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s