Muskhpuri Hill

Minggu lalu Maman abis hiking ke Muskhpuri. Muskhpuri ni masih termasuk dalam rentetan pegunungan Himalaya. Terletak di Nathia Gali union council (semacam kelurahan), Muskhpuri sebagai salah satu titik tertingginya sering menjadi tujuan trekking para adventurer. Karena puncakny cuma bisa didaki dengan jalan kaki, perjalanan menuju puncakny bisa kita nikmati keindahan alam khas Kashmiri. Pohon Pinus mendominasi di sepanjang perjalanan.

Acaranya di selenggarakan oleh salah satu klub petualang di kampus. Meski Maman bukan member, tapi ya ikut aja. Biayanya murah cuma Rs250 (Rp27ribuan) termasuk makan siang dan transport PP. Maman pergi bareng 7 temen Indonesia.

Cuaca cerah berangin. Ketika dibawah nggak terlalu dingin, tapi pas nyampe atas brrrrr… Karena perjalanannya hampir menghabiskan waktu 2 jam, jadi Maman males poto2 pas d jalan. Fokus sama tujuan.

P08-11-14_14.04

Biasanya di musim dingin, Muskhpuri juga penuh tumpukan salju. Posisinya yang berada di puncak dan tak tertutup gunung lain cocok digunakan sebagai tempat latihan para pendaki muda. Buat yang ingin mendaki gunung tinggi seperti Everest atau K2, Muskhpuri cocok untuk tempat latihan penyesuaian suhu tubuh.

Buat yang pecinta alam, mungkin Pakistan yang memiliki banyak pegunungan yang masih alami bakal menjadi tujuan favorit. Isu keamanan yang akhir-akhir ini berhembus miring akan menjadi tantangan tersendiri.

Lokasi Muskhpuri dari ibukota Islamabad

Lokasi Muskhpuri dari ibukota Islamabad

Ketika puncak nampak

Ketika puncak nampak

Pemandangan di puncak. Nampak batu-batu tajam khas Himalaya.

Pemandangan di puncak. Nampak batu-batu tajam khas Himalaya.

P08-11-14_13.54

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s