Kartu Kuning a.k.a Kartu Tanda Bukti Pendaftaran Pencari Kerja

Setelah menulis tentang SKCK, Mimin mau nulis tentang pembuatan kartu kuning a.k.a Kartu Tanda Bukti Pendaftaran Pencari Kerja. Kartu ini bisa kalian dapatkan di dinas ketenagakerjaan dan transmigrasi, di pemerintah kota setempat.

Untuk di kota Malang, tempat pembuatan kartu kuning berada di kantor terpadu yang beralamat di Jl. Mayjend. Sungkono, Kel. Arjowinangun, Kec.Kedungkandang, Malang 65132. Mimin baca-baca sih kantor terpadu ini dibangun untuk mempermudah dan memfasilitasi penduduk dalam hal pengurusan surat perijinan dan berkas2 mengenai kependudukan lainnya. Bikin e-ktp juga disini.

Well, di kantor terpadu ini terdapat beberapa gedung. Untuk pembuatan kartu kuning berada di lantai 3 gedung B. Ada dua opsi menuju gedung B:

  1. Parkir di depan gedung A. Lokasinya masuk dari gerbang belok kanan. Disana ada pak satpam sekaligus tukang parkir. Jangan lupa nyiapin uang seribu. Setelah itu masuk ke gedung A (didepan tmpt parkir itu gedung A). Segera cari meja resepsionis atau pusat informasi, Setelah itu nengok ke arah kiri ada gang kecil, masuk lewat gang kecil itu. taraaaaa… kamu bakal ngeliat gedung lainnya diluar sana. Nah itu gedung B tempat pembuatan kartu kuning. Kalo ragu tinggal nanya ajja ke orang di resepsionis jalan ke gedung B.
  2. Parkir di belakang gedung A, didepan gedung B. begitu masuk dari gerbang masuk langsung terus ngelewatin pos satpam didepan. setelah itu kamu bakal liat parkiran, udah deh parkir. dan gedung didepan parkiran itu adalah gedung B tempat ngebuat kartu kuning.

Tangga menuju lantai 3 disebelah bank Jatim. Ada sekitar 50 anak tangga untuk sampai ke lantai 3, tenanggg gag bakal capek kok, soalnya suasana menuju lantai 3 cukup damai.

Setelah kamu berada di tangga terakhir belok kanan, belok kiri dan belok kanan. Beberapa langkah belok kanan lagi masuk ke dalam ruangan, lalu bilang ajja, “mau bikin kartu kuning pak”. mengisi beberapa kolom dan selesai deh kartu kuning kamu.

Syaratnya adalah:

  1. Fotokopi KTP, 1 lembar
  2. Fotokopi KK, 1 lembar
  3. Foto ukuran 3×4, 2 lembar
  4. Fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir, 1 lembar
  5. Tidak boleh diwakilkan
  6. Menggunakan map kuning

Setelah selesai ini kalian akan diminta untuk memfotokopi kartu kuning sebanyak 6 lembar. 1 lembar diberikan kembali untuk arsip yang 5 untuk kalian.

Biaya yang dibutuhkan untuk mengurus kartu kuning ini adalah:

  1. Biaya parkir                  Rp. 1000
  2. Biaya fotokopi               Rp. 2200
  3. Biaya pengurusan         G R A T I S

Kalo ada yang kurang jelas silahkan tanya yaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s