Introducing My World

4,5 tahun di luar negeri, absen dari kegiatan Marching Band, ternyata ngga bikin Maman lupa sama kegiatan favorit ini. Dulu sebelum ke Pakistan, Maman aktif sebagai pemain dan update tentang berita dan info terbaru baik dari lokal maupun internasional. Tapi karena di Pakistan ngga ada Marching Band, jadi selama disana Maman cuma bisa update dari berita-berita online.

Kabar mengejutkan dateng pas Maman udah di Indonesia ni. Ternyata Indonesia udah dapet lisensi dari Winter Guard International dari USA untuk menyelenggarakan lomba kelas internasional. WGI pertama dalam sejarah digelar di Indonesia. Wuih, sebuah peningkatan yang luar biasa. Mengejutkannya lagi, lombanya diadakan di Surabaya. Jadi enak banget soalnya deket. Biasanya lomba-lomba gitu diadain di Jakarta atau Bandung yang kalo mau nonton harus nyiapin modal yg ngga sedikit.

Selama ini Maman sering cerita ke Mimin tentang kegiatan Maman ini. Pas banget lah, jadi sekalian Maman pengen tau perkembangan dunia MB juga ngasih tau ke Mimin kalo MB tuh keren banget. Biasanya Mimin cuma iya-iya aja kalo diceritain, mungkin karena belum liat langsung. Yang di youtube feelnya beda, lebih bikin merinding nonton langsung dari pada dari Youtube.

I introduced you who was i.

IMG_20161023_171815.jpg

Perjalanan dari Malang ke Surabaya diwarnai kisah romantis. Memilih pake motor biar bisa jalan-jalan dulu, ternyata cuaca berkata lain. Padahal dulu di Pakistan tiap mau ngapain-ngapain selalu liat prakiraan cuaca, eh kemaren lupa baca. Sejak dipertengahan perjalanan, hujan gerimis menemani sampai tiba di tujuan.

Lomba dimulai jam 13, kita nyampe jam 12.30. Sebenernya laper, pengen makan siang. Tapi Mimin ngga mau beranjak dari bangku penonton, meski di waktu jeda istirahat. Terpukau sama penampilan lombanya dan ngelihatin para peserta lomba yang kebetulan duduk di belakang kita.

Jadi gini ya rasanya 3 tahun ngga ketemu…

 

Advertisements

Mimin dan Anak kangker-ABK

Hehehe…

Cerita ini udah berusia lebih dari dua minggu yang lalu. Tapi tak ape lah yaa diceritakan lagi.

Hari Jumat dua minggu yang lalu bertepatan dengan tanggal 3 Mei 2013, Mimin pergi ke ibu kota provinsi Jawa Timur. Dalam rangka apa? dalam rangka mengikuti pelatihan dari organisasi sosial yg Mimin ikutin. Mimin bergerak dibidang sosial, lebh khusus organisasi mahasiswa sayang kanak-kanak.

Hari itu Mimin dapet materi tentang menangani anak penderita kangker dan anak-anak berkebutuhan khusus. Ini bener2 hal yg baru buat Mimin. Bukan tanpa perjuangan, harus bisa ngalahin berbagai rasa yang berkecamuk dalam hati. Soalnya baru pertama menangani anak-anak yg seperti mereka.

Materi yg Mimin terngiang2 itu adalah:

1. Untuk menangani anak yang sedang melawan kangker itu adalah kesabaran dan pengertian bahwa sakit itu adalah sakit. Dalam menangani mereka kita tidak boleh lupa bahwa rasa sakit yg mereka rasakan itu bener sakit, lebih sakit dari sakit gigi.
Ajaklah bermain sesuai dengan usia mereka, secara naluri kekanakan mereka masih seusianya. Hanya saja yg membedakan itu tingkat emosionalnya. Penderita kangker mood mereka diatur oleh rasa nyeri (sakit) yg mereka rasakan. So, kalian yg sehatlah yg harus menjaga mood kalian agar tetap ceria.

2. Kemudian, menangani anak berkebutuhan khusus yang dibutuhkan ialah komitmen, konsistensi, disiplin, ketulusan. Mimin diberitahu oleh pemateri bahwa anak berkebutuhan khusus (ABK) sedikit banyak bisa mengikuti kedisiplinan, tapi butuh kesabaran sebagai pengajarnya. Kemaren kita mempraktekkan cara berkenalan dengan mereka. Gini caranya: mulai dengan bismillah, pegang dengan lembut kepala ABK dengan kedua tangan kita. Tatap mata si ABK dengan hangat sampai mata si ABK menatap mata kita, barulah kita sapa dia “Hai” “assalamu’alaikum” “apa kabar?” dan sebagainya. Lakukan hal ini secara konsisten hingga sang ABK ketika bertemu dengan kita dia tau kata kuncinya. Pemateri juga menyampaikan kalau berbicara pada si ABK memang memiliki kesulitan, tapi kuncinya adalah berbicara dengan mereka melalui ketulusan dan mata hatinya.

Trus Mimin juga bertemu dengan dewan penasihat yang memiliki progam #raiseyourhandforhope . Akan ada kegiatan amal untuk ABK di Surabaya tanggal 29-30 Juni 2013. Kalo ada yg di Surabaya boelh tuh temen2 datang, hehehe… kalo Mimin sih insya Allah gg dateng, soalnya tanggal 2 Juli harus KKN.

Quote penting waktu itu sih, bahwa anak bekebutuhan khusus itu bukan gila atau hilang kewarasannya, mereka hanya memiliki kebutuhan yang tidak sama dengan kita yg normal. So, jang didiskriminasiin yaaa… tidak ada rasa sayang yg sia-sia kok.